Latih Gepeng dan Pengemis

Created with Sketch.

Latih Gepeng dan Pengemis

Aula Dinas Sosial Kabupaten Indramayu kembali menjadi tempat berkumpulnya para Gelandangan dan Pengemis (Gepeng). Mereka dikumpulkan oleh Dinas Sosial melalui Bidang Rehabilitasi Sosial untuk dibekali materi dan keterampilan seputar kegiatan yang mampu meningkat produktifitas.

Ada sekitar 50 orang yang dikumpulkan dalam kegiatan ini. Acara tersebut dibagi menjadi 2 hari yakni tepatnya pada hari senin dan selasa, Tanggal 22 dan 23 Juli 2019. Mereka yang hadir dibimbing dan dilatih untuk dapat hidup mandiri dengan dibekali keterampilan untuk membuat aksesoris seperti gelang dan kalung.

Para Gelandangan dan Pengemis tampak antusias mengikuti kegiatan Pelatihan Pembuatan Gelang dan Kalung

Mereka yang selama ini mengemis dan menjadi gelandangan sejatinya ingin merasakan kehidupan yang layak seperti orang-orang pada umumnya, namun apa daya kerasnya hidup dan sulitnya mencari pekerjaan menjadi satu-satunya alasan bagi mereka untuk mengemis. Begitulah ungkap salah satu peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Bapak Karman selaku Pegawai Dinas Sosial juga menyampaikan bahwa setiap orang harus memiliki potensi dan ketrampilan sehingga mampu untuk dapat menciptakan atau memproduksi sesuatu yang dapat memiliki nilai jual dimasyarakat. Untuk itu Dinas Sosial akan selalu mengadakan program-program seperti ini, demi meningkatkan produktifitas masyarakat agar tidak mengemis dan menjadi gelandangan.